2 Cara Cek Nama Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu

Makechange.id- Akhir-akhir ini ada sebuah berita yang tengah menjadi trending topik masyarakat Indonesia, pasalnya pemerintah telah mengumumkan adanya kenaikan BBM. Sontak saja adanya berita ini tak sedikit masyarakat yang tak terima atau menolak.

Karena jika harga BBM naik maka harga bahan pokok lain pun akan ikutan naik, adanya pernyataan ini sulit untuk diterima sehingga ada masyarakat yang melakukan aksi demo pada pemerintah. Menurut pernyataan pemerintah bahwa kenaikan BBM yang tengah dirasakan oleh negara Indonesia ini tak sebanding dengan negara lainnya.

Indonesia hanya naik beberapa persen saja dibandingkan dengan negara luar namun tetap saja masyarakat terus menolaknya sehingga pemerintah atau lebih tepatnya Kementerian Sosial (KEMENSOS) mengumumkan bahwa akan adanya bantuan sebesar Rp 12,4 triliun yang akan dibagikan kepada seluruh keluarga penerima manfaat (KPM).

Masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) berupa uang sebesar Rp 600 ribu rupiah. seperti yang telah kami singgung diatas bahwa adanya bantuan ini karena efek kenaikan dari BBM.

Namun menurut informasi yang kami dapatkan dari akun Instagram resmi Kementerian Sosial RI mengatakan bahwa masing-masing penerima bantuan akan menerima uang sebesar Rp 150 ribu rupiah per bulannya dalam kurun waktu selama 4 bulan yaitu dari mulai september, oktober, november dan desember.

Bantuan tersebut dapat diterima dalam 2 bulan sekali, artinya kalian akan menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu selama 2X.

Semoga dengan adanya Bansos efek BBM naik ini masyarakat lama kelamaan akan menerimanya. Oleh karena itu disini kami akan membagikan beberapa tutorial kepada kalian semua mengenai cara cek Bansos BLT BBM baik via aplikasi ataupun website.

Dengan begitu kalian bisa memastikan bahwa kalian termasuk penerima bantuan tersebut atau tidak. Nanti bila mana pihak pemerintah desa tidak memberi surat undangan bansos dan sedangkan nama kamu tertera dalam (KPM) maka bisa langsung saja tunjukan datanya pada pihak penyalur. Bagi kalian yang penasaran bisa langsung simak panduan dibawah ini.

Berikut Beberapa Cara Untuk Cek Bansos BLT BBM

1. Melalui Aplikasi Cek Bansos

Cara pertama untuk mengecek apakah nama kamu termasuk (KPM) atau tidak yaitu dengan menggunakan Aplikasi Cek Bansos yang bisa kalian unduh melalui Google Play store. Adapun langkah-langkah yang bisa kalian lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Yang pertama kalian bisa unduh terlebih dahulu Aplikasi Cek Bansos di play store.
  2. Jika sudah maka bisa langsung buka saja aplikasinya.
  3. Pilih opsi Buat Akun Baru untuk melakukan pendaftaran.
  4. Masukan data diri sesuai dengan KTP.
  5. Unggah foto KTP, beserta foto sefie dengan memegang KTP.
  6. Jika telah selesai tinggal klik Buat Akun Baru untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  7. Sekarang pengguna bisa mengetahui serta mendaftar Bansos BLT BBM.
  8. Selesai.

Selain dapat digunakan untuk melihat seluruh penerima bantuan aplikasi ini pun dapat kalian gunakan untuk mendaftarkan diri, saudara, tetangga yang layak untuk mendapatkan BLT tersebut.

2. Melalui Website cekbansos.kemensos.go.id

  1. Langkah pertama kalian bisa buka website resmi cekbansos.kemensos.go.id pada browser atau sejenisnya.
  2. Pada laman utama website kalian bisa langsung masukan seluruh data penerima bansos yang dibutuhkan.
  3. Masukan alamat lengkap penerima sesuai KTP.
  4. Masukan nama lengkap penerima sesuai KTP.
  5. Nanti akan muncul kode captcha dan kalian bisa tulis ulang dibawahnya.
  6. Setelah itu klik Cari Data.
  7. Tunggu sebentar sampai sistem telah berhasil menemukan penerima bansos pada wilayah tersebut.
  8. Selesai.

Nah itulah dua cara yang bisa kalian lakukan jika ingin melakukan pengecekan Penerima Bansos BBM yang akan cair di bulan ini. Namun perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa kriteria atau syarat yang harus kalian penuhi jika ingin menerima BLT tersebut, Ingin tahu apa saja syaratnya? Silahkan bisa simak dibawah ini.

Syarat Penerima BLT BBM Rp 600 ribu

Menurut informasi yang dapat kami rangkum dari beberapa sumber yang ada bahwa penerimaan BLT tersebut ternyata memiliki syarat. Ingin tahu syarat apa saja yang diberikan pemerintah untuk KPM? Berikut ini syaratnya:

  • WNI sesuai KTP
  • Bukan seorang PNS, TNI ataupun POLRI
  • Bukan seorang buruh yang memiliki upah diatas UMKM atau yang memiliki kartu prakerja, BPJS dan bantuan dari perusahaan
  • Sudah menjadi kepala keluarga atau berkeluarga
  • Seseorang yang memiliki usaha micro juga dapat mengajukan penerima BLT
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Kesimpulan

Nah, itulah dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek apakah kamu termasuk penerima BLT BBM atau tidak. Jika nama kalian tidak muncul pada daftar penerima BLT, maka itu artinya masih banyak orang yang lebih layak menerimanya ketimbang kamu. Dan kamu jangan lupa untuk senantiasa bersyukur. Mungkin hanya sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, terimakasih semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment