Cara Mengajukan Pengembalian Barang yang Rusak di Shopee

Makechange.id- Bagi sebagian orang yang gemar berbelanja online pasti pernah mendapati kiriman barang dari penjual yang ada di Shopee dengan barang tidak sesuai pesanan, cacat dan lain sebagainya? Tentu saja kejadian yang menimpa kamu akan menimbulkan rasa trauma bagi pembelinya terlebih jika kalian menjual kembali barang tersebut pasti rugi dong.

Tapi kalian tidak perlu khawatir karena sekarang Shopee telah mengeluarkan kebijakan baru atau fitur dimana barang yang tidak sesuai dengan pesanan bisa diretur atau dikembalikan kembali dengan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku. Sebagai gantinya pembeli bisa bebas memilih ingin diganti barang baru atau pengembalian dana.

Namun sebagain dari mereka masih ada yang belum tahu bagaimana cara melakukan retur pada barang yang ingin dikembalikan kembali pada pihak Shopee sehingga mereka lebih memilih menerima barang tersebut walaupun tidak sesuai.

Padahal untuk cara retur nya mudah banget asalkan kalian tidak konfirmasi Pesanan Diterima terlebih dahulu. Lantas bagaimana jika kita sudah terlanjur mengkonfirmasi? Apakah ada cara lain untuk bisa membatalkannya? Bagi kalian yang penasaran mengenai informasi terkait maka bisa langsung simak saja informasi lengkapnya dibawah ini.

Sekilas Tentang Retur Barang di Shopee

Mengutip dari laman resmi Shopee bahwa barang atau produk yang kalian beli di Shopee memiliki masa garansi yang sudah ditentukan dimana dana pembeli akan ditahan sementara oleh pihak Shopee sampai masa garansi benar-benar habis atau pembeli telah mengkonfirmasi bahwa Pesanan telah diterima lalu pihak Shopee akan mengirimkan dana dari pembeli ke toko tersebut.

Oleh sebab itu sebelum kalian benar-benar yakin bahwa barang atau produk yang kalian beli itu sudah sesuai maka cek terlebih dahulu dengan membuat video unboxing kemudian lakukan konfirmasi sesuai yang kalian mau apakah barang tersebut diterima dengan baik atau tidak sesuai dan ingin dikembalikan.

Namun untuk melakukan pengembalian barang ada syarat dan ketentuan yang sudah Shopee terapkan dan kalian harus memenuhi persyaratan tersebut agar bisa retur barang yang tidak sesuai tersebut. Ingin tahu apa saja persyaratannya? Kalau begitu bisa langsung simak dibawah ini.

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee

Disini ada dua jenis syarat yang harus kalian pahami yaitu syarat pengembalian barang di Shopee Mall dengan Toko Biasa. Kalian bisa melihat syaratnya dibawah ini:

Syarat Retur Barang di Toko Shopee

  • Pembeli harus memiliki bukti bahwa barang tersebut tidak sesuai atau cacat dengan menyertakan foto beserta video unboxing nya
  • Dana akan dikembalikan kepada pembeli apabila retur telah disetujui oleh pihak Shopee
  • Jika pihak toko tidak menyetujui permintaan kamu untuk retur maka pihak Shopee yang akan menangani nya.

Syarat Retur Barang di Shopee Mall

  • Pembeli bisa mengembalikan barang  maksimal 5 hari setelah pengajuan pengembalian di setujui
  • Harus ada bukti foto dan video unboxing yang jelas
  • Dana akan di tahan pihak Shopee sampai pembeli benar-benar mengkonfirmasi bahwa pesanan nya telah diterima
  • Pihak Shopee akan mengecek ulang jika barang sudah dikembalikan oleh pembeli ke gudang Shopee

Cara Mengembalikan Barang di Shopee yang Sudah Diterima

Jika kalian telah memahami syarat apa saja yang harus di penuhi ketika ingin retur barang di Shopee maka sekarang kalian bisa melakukan pengembalian barangnya dengan cara sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan buka Aplikasi Shopee kamu.
  2. Kemudian buka menu Saya dan klik opsi Dikirim.
  3. Pilih Rincian Pesanan pada barang yang ingin kalian retur.
  4. Setelah itu Klik Ajukan Pengembalian.
  5. Nanti kalian harus pilih salah satu alasan mengapa kalia ingin retur barang tersebut. Apakah tida sesuai, rusak atau cacat.
  6. Sertakan beberapa data yang dibutuhkan misalnya seperti foto produk yang ingin dikembalikan serta video unboxing lengkap dengan resi yang masih menempel.
  7. Pilih salah satu Solusi yang sesuai dan klik Kirim.
  8. Terakhir pengajuan retur barang akan di proses oleh pihak Toko dan Shopee. Terkait disetujui atau tidak nanti akan di informasikan melalui email atau notifikasi di aplikasi Shopee.
  9. Jika telah disetujui maka kalian harus mengikuti seluruh prosedur pengembalian sesuai dengan yang diperintahkan.
  10. Selesai.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika ingin melakukan pengembalian barang yang tidak sesuai di Shopee. Caranya mudah banget apabila pengajuan pengembalian kalian di setujui maka tinggal ikuti prosedur yang Shopee berikan saja. Mungkin hanya sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, terimakasih semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan sampai jumpa di postingan kami selanjutnya.