Cara Melamar Kerja Online Via Email, Dijamin Dilirik HRD

Makechange.id- Bekerja adalah salah satu kegiatan yang bisa mendapatkan uang sebagai mana tenaga lah yang menjadi gantinya. Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan ini bukanlah suatu hal yang mudah, buktinya banyak sekali sarjana-sarjana muda yang masih menjadi pengangguran.

Tentu perihal seperti ini harus diperhatikan oleh pemerintah, mereka yang bergelar sarjana saja jadi pengangguran apalagi rakyat menengah kebawah yang hanya lulusan SD atau SMP. Sebenarnya untuk mendapatkan sebuah pekerjaan bukan dilihat dari gelarnya.

Tetapi dilihat dari skill dan sebagaimana ia mau mencarinya. Nah, disinilah terkadang seorang pengangguran yang beranggapan bahwa mencari kerja itu susah. Coba kalian ingat, sekarang ini kan tekhnologi sangat mempengaruhi perkembangan dunia yang semakin hari semakin canggih.

Nah, masih ingat kah kamu bahwa semuanya bisa dilakukan via online. Mulai dari berbelanja, membayar cicilan, pesan makanan online sampai dengan melamar pekerjaan pun bisa via online lho! Dengan begitu kalian tidak akan ngantri berkepanjangan di depan perusahaan yang ingin kamu lamar.

Belum lagi biasanya perusahaan bekerjasama dengan karang taruna setempat jika ingin melamar di perusahaan tersebut maka kalian harus membayar pungli terlebih dahulu agar bisa diterima. Uang pungli tersebut juga tidak sedikit jumlahnya.

Namun semuanya tidak masalah jika kalian langsung diangkat menjadi KARTAP (karyawan tetap) Tetapi bagaimana kalau kalian hanya dikontrak selama 3 bulan dan harus membayar tambah kontrak lagi jika ingin meneruskan? Jangan sampai terjebak dalam situasi seperti ini.

Ingat kalian bekerja itu untuk mendapatkan uang bukan untuk membuang uang. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu kalian panduan bagaimana cara melamar kerja disebuah perusahaan via online dengan menggunakan email.

Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mendapatkan sebuah pekerjaan bisa langsung saja bergabung dan baca artikel kami sampai tuntas. Agar lamaran kalian tidak diabaikan oleh HRD lagi!

Bagaimana Cara Melamar Kerja Lewat Online?

Ada banyak cara yang bisa kalian coba untuk melamar pekerjaan secara online, kalian bisa melampirkan lamaran dengan menggunakan email atau via WatsApp. Namun sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini sebelum menuliskan sebuah email.

1. Carilah Lowongan Pekerjaan di Internet

Sebenarnya jika kalian sungguh-sungguh ingin mendapatkan pekerjaan, internet masih menjadi solusinya. Karena didalam internet ini banyak sekali ribuan bahkan jutaan lowongan pekerjaan yang terpasang di setiap harinya. Kalian bisa mencari pekerjaan di Internet melalui sebagai berikut:

  • Sosial media seperti Facebook, Instagram atau Linkedin
  • Di Google dengan menuliskan” Lowongan Pekerjaan” dan kemudian tuliskan keahlian kamu beserta daerahnya seperti “Jakarta”.
  • Membuka situs lowongan pekerjaan seperti Jobstreet, Glassdoor, Glints dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Deskripsi Perusahaan & Riset Perusahaan

Setelah kalian berhasil mendapatkan sebuah perusaahan yang ingin dilamar maka kalian bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai visi misi, jumlah karyawan, produk dan jasa apa yang mereka berikan, industri apa yang dikerjakan, status funding dan masih banya lagi yang lainnya.

3. Perhatikan Deskripsi Pekerjaan Beserta Syarat dan Ketentuannya

Ingat perihal ini jangan sampai kalian lewatkan karena yang kalian lamar ini sebuah perusahaan yang belum diketahui lebih jelasnya. Jadi kalian bisa perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Apakah pekerjaan kalian akan dikontrak atau menjadi karyawan tetap?
  • Apakah pekerjaan yang akan kamu lamar sudah sesuai dengan kemampuan kamu atau tidak?
  • Pekerjaan ini bisa WFO atau WFH?
  • Waktu bekerja dibuka untuk internship, part time atau full time?
  • Dan yang terakhir apakah kalian sudah memenuhi persyaratan dan kriteria yang perusahaan tersebut berikan?

4. Siapkan Lamaran Pekerjaan

Apabila kalian merasa lowongan pekerjaan yang ada di internet tersebut pas dengan kamu maka bisa langsung saja siapkan semua dokumen lamaran yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Biasanya dokumen tersebut berupa:

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK atau Kartu Keluarga
  • Ijazah terakhir
  • Transkrip nilai
  • NPWP
  • SKCK
  • Kartu kuning
  • Surat paklaring bagi yang sudah pernah bekerja
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Dan setelah adanya pandemi kalian juga harus menyertakan Surat Vaksin dan Keterangan Sehat

5. Kirim Lamaran Pekerjaan Via Online

Apabila seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah siap, maka kalian bisa langsung mengirim lamaran pekerjaan lewat online. Kalian tidak perlu mengirimkannya dalam bentuk fisik melainkan dengan softcopy digital saja. Adapun beberapa cara untuk mengirimkan pekerjaan secara online yaitu sebagai berikut:

1. Mengirim Lamaran Melalui Email

Biasanya cara ini digunakan oleh mereka yang mengetahui lowongan pekerjaan dari sosial media atau situs penyedia lowongan pekerjaan dengan mencantumkan sebuah email. Nati email kalian akan dilengkapi dengan surat lamaran kerja ataupun cover latter.

  • Kelebihan melamar kerja melalui email: Caranya sangat mudah dan praktis.
  • Kekurangan melamar kerja melalui email: Caranya lumayan ribet dan membutuhkan banyak waktu.

2. Mengirim Lamaran Melalui WhatsApp

Cara yang satu ini bisa kalian gunakan untuk mengirim lamaran pekerjaan jika kalian dapat informasi beserta nomor perusahaanya dari teman cuma bedanya kita mengirimkannya melalui aplikasi whatsapp.

  • Kelebihan melamar kerja melalui whatsapp: Bisa lebih mudah terhubung langsung dengan HRD.
  • Kekurangan melamar kerja melalui whatsapp: Cara ini terkesan tidak profesional.

3. Mengirim Lamaran Melalui Web Perusahaan atau Situs Lowongan Pekerjaan

Biasanya pada situs lowongan pekerjaan atau web perusahaan telah tersedia tombol “apply” atau pun melamar pekerjaan. Dan bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan tersebut bisa langsung saja mengisi semua dokumen penting yang dibutuhkan dan jika sudah selesai semua kalian tinggal klik tombol kirim.

  • Kelebihan melamar kerja melalui web atau situs perusahaan: Caranya sangat mudah dan simpel.
  • Kekurangan melamar kerja melalui web atau situs: harus bersaing dengan banyaknya kandidat lain.

Cara Melamar Pekerjaan Via Email

Sebenarnya cara melamar pekerjaan via email ini sangat ribet, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan sebuah emailnya. Namun kelebihan menggunakan email ini kalian akan lebih berpeluang dilirik oleh HRD lho! Ingin tahu bagaimana cara melamar kerja via email? Kalian bisa simak informasinya berikut ini.

1. Alamat Email Harus Profesional

Alamt email atau nama email ini harus diperhatikan ketika kalian ingin mengirimkan sebuah lamaran pekerjaan. Bagaimana kan alamat email yang profesional itu? Kalian bisa menggunakan nama lengkap beserta beberapa angka. Jangan gunakan nama email yang berupa kata sifat misalnya seperti keren, ganteng, imut dan yang lainnya.

2. Tuliskan Subjek Email Harus Jelas

Pada bagian subjek kalian harus menuliskan dengan jelas jangan sampai dikosongkan karena ini akan lebih mempermudah HRD melihat lamaranmu. Misalnya isikan format [Posisi yang kalian lamar] – [Nama Lengkap].

3. Menambahkan Cover Letter Pada Body Email

Pada saat kalian ingin mengirimkan lamaran pekerjaan, jangan langsung mengirimkan CV kepada perusahaan tetapi kalian menambahkan Cover Letter yang berfungsi sebagaimana undangan untuk membaca dan melihat CV lamaran kamu.

4. Lampirkan Dokumen Beserta CV

Sisipkan CV atau Curriculum Vitae di lamaran pekerjaan kamu dengan menambahkan portofolio atau sertifikat yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Direkomendasikan untuk menggunakan format PDF agar dokumen bisa menyesuaikan diberbagai perangkat.

5. Mengirimkan Email di Waktu yang Pas

Jika kalian sudah memenuhi persyaratan diatas maka kalian bisa langsung mengirimkan lamaran pekerjaan kamu pada email perusahaan yang dituju. Dan waktu yang pas untuk mengirim lamaran tersebut yaitu Senen-Jumat pukul 09.00-18.00.

Kesimpulan

Nah, mungkin hanya sekian rangkuman dari kami mengenai Bagaimana Cara Melamar Kerja Secara Online Via Email. Bagi kalian yang sudah masih nganggur, mungkin cara ini bisa kalian coba untuk melamar pekerjaan secara online.

Leave a Comment