Kartu Indonesia Sehat: Ketahui Cara Daftar & Cek Status Peserta

Makechange.id- Kesehatan adalah salah satu kenikmatan utama yang harus kalian syukuri di dunia ini, banyak sekali orang diluaran sana yang sedang berjuang melawan sakit yang dideritanya. Oleh karena itu kalian harus kenal pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati agar selalu berhati-hati dalam memperhatikan kesehatan baik luar maupun dalam.

Jika terkena penyakit maka bukan hanya raga yang sedang di uji tetapi juga ekonomi kalian pun sama. Mungkin biaya bukanlah menjadi kendala untuk sebagain rakyat menengah keatas tetapi untuk kaum menengah kebawah mereka akan merasa kesulitan membayar biaya perawatan yang dijalani.

Dari banyaknya kasus seperti diatas pemerintah telah mengkritisi terkait biaya pengobatan bagi masyarakat Indonesia sehingga sudah beberapa tahun kebelakang telah berjalan program kartu untuk berobat secara gratis.

Seperti yang kalian tahu bahwa di Indonesia ada dua jenis kartu yang bisa kalian gunakan untuk berobat di rumah sakit, yang pertama yaitu ada kartu BPJS Kesehatan dan yang kedua yaitu ada Kartu Indonesia Sehat. Untuk kartu BPJS Kesehatan kalian bisa mengajukan dan membuatnya sendiri, tetapi untuk Kartu Indonesia Sehat atau (KIS) ini hanya bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia yang namanya sudah terpilih karena layak mendapatkannya.

Perbedaan Kartu BPJS Dengan Kartu Indonesia Sehat

Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendapat pengobatan gratis di Faskes atau Rumah Sakit tetapi nyatanya BPJS dengan KIS ini memang berbeda. Perbedaannya yaitu jika kalian menggunakan layanan BPJS maka kalian wajib  membayar iuran yang sudah ditentukan sesuai fasilitas kesehatan yang kalian pilih pada saat awal pembuatan.

Nah, sedangkan KIS kalian bisa mendapatkan layanan kesehatan tanpa iuran lagi dan pelayanan nya juga sama tanpa alias setara tanpa ada kelas atas menengah ataupun bawah.

Jadi, pada intinya BPJS dan KIS adalah program dari pemerintah hanya saja BPJS biayanya ditanggung sendiri dengan cara dicicil dan KIS memang benar-benar di tanggung pemerintah. Lantas bagaimana cara mengajukan supaya kita bisa mendapatkan Kartu Indonesia Sehat dari Pemerinta? Untuk itu kalian bisa langsung simak saja ulasan dibawah ini.

Sekilas Tentang Kartu Indonesia Sehat (KIS)

KIS merupakan salah satu program yang diadakan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang kurang mampu agar bisa tetap mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di Faskes atau Rumah Sakit.

Program KIS pun telah diatur kedalam undang-undang No 40 Tahun 2003, bahwasannya program ini resmi sebagai perluasan Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN. Tidak semua WNI bisa mendapatkan layanan JKN dari program KIS ini. Pasalnya KIS ini hanya diberikan kepada WNI yang tergolong tidak mampu. Namun bagi kalian yang penasaran apakah kalian salah satu penerima bantuan KIS atau tidak maka bisa langsung simak informasi lebih lanjut dibawah ini.

Cara Daftar KIS Melalui Online

Dapat dikatakan bahwa mereka yang ekonominya kurang mampu pasti akan mendapatkan layanan JKN dari program KIS ini. Tetapi bagi kalian yang cukup mampu dan penasaran ingin mencoba mendaftar KIS melalui online maka bisa simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN di Google Play Store.
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya dan pilih menu Pendaftaran Peserta Baru lalu klik Setuju.
  3. Masukan NIK pada kolom yang sudah disediakan kemudian ketikkan ulang kode captcha.
  4. Setelah itu masukan data diri yang dibutuhkan dari calon peserta JKN KIS.
  5. Silahkan pilih fasilitas kesehatan tingkat utama.
  6. Nanti kalian akan mendapatkan kode verifikasi ke email yang sudah terdaftar.
  7. Tinggal masukan saja kode verifikasi tersebut kedalam kolom yang sudah tersedia.
  8. Terakhir Kartu Indonesia Sehat akan dikirimkan oleh pihak terkait pada alamat yang sudah tercantum sebelumnya paling lambat 6 hari setelah melakukan pendaftaran.
  9. Selesai.

Cara Cek Apakah Kartu KIS Masih Aktif atau Tidak

Apabila kalian telah menerima atau memiliki kartu KIS yang sudah di berikan oleh pemerintah dan belum pernah digunakan sama sekali maka alangkah baiknya kalian bisa cek terlebih dahulu apakah kartu KIS yang kalian miliki masih aktif atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba, kalian tinggal pilih cara yang paling mudah saja.

1. Cek KIS Melalui Aplikasi Mobile JKN

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu.
  2. Kemudian login menggunakan NIK atau nomor kartu BPJS kesehatan.
  3. Klik menu Peserta.
  4. Nanti akan muncul informasi terkait status kepesertaan.
  5. Selesai.

2. Cek KIS Melalui Chika

Mungkin kalian akan berfikir bahwa Chika itu adalah nama orang, namun kenyataannya Chika adalah sebuah singkatan dari Chat Assistant JKN. Pesan yang kalian kirimkan akan dibalas secara otomatis disini, nanti kalian tinggal pilih menu sesuai pertanyaan yang ingin diajukan. Untuk bisa chat dengan Chika kalian bisa akses melalui platform berikut ini:

  • WhatsApp : +628118750400
  • Facebook Messenger : BPJSKesehatanRI
  • Telegram : @Chika_BPJSKesehatan_bot

3. Cek KIS Melalui Care Center BPJS Kesehatan

Cara terakhir yang bisa kalian coba apabila ingin cek status peserta JKN KIS bisa langsung menghubungi Care Center BPJS Kesehatan melalui nomor 165. Yang perlu kalian siapkan dalam menanyakan terkait status yaitu NIK dan juga Nomor BPJS. Layanan ini bisa kalian akses kapan pun kalian mau alias 24 jam terbuka untuk umum.

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Program JKN KIS mengenai Cara Daftar dan Cek Masa Aktif status peserta. Bagi kalian yang ingin coba cek apakah sudah terdaftar di JKN KIS atau belum maka bisa mencoba cara kami. Mungkin hanya sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, terimakasih semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di postingan kami selanjutnya.